Sabtu, 27 Juli 2013

Tentang Android

Pasti tau kan Android, tapi kebanyakan yang cuma tau namanya doang dan sering orang mengatakan Android itu Samsung, padahal gak cuma Samsung yang android, banyak banget kan?, seperti HTC, Sony, Sony Ericson, Motorola, LG, Huawei, Plum Dan Lain lain bahkan buatan cina dan local juga ada yang berbasi Android.




Bahas Lebih Jauh lagi yuk:
Apa itu Android?, Android adalah system operasi Mobile phone berbasi Linux. Jadi ingat Android bukan HP/smarthone tapi system operasi, sama kayak computer gitu deh… 



Lalu apa gunanya system operasi itu??, beberapa fungsi system operasi antara lain:

·         Sebagai kordinator, Jadi dia itu bisa melakukan aktifitas yang ribet udah gitu apa yang dikerjakannya itu dalam urutan yang benar ( WOW!?!)

·         Penjaga pintu, jadi ibarat body guard, system operasi bisa mengawasi siapa yang dapat masuk kedalam system operasi tersebut.

·         Sebagai pengawal, pengawal?, iya, system operasi yang memegang kendali proses untuk melindungi atau pun memberikan batasan pada suatu system
.
·         Dan Lain Lain.

Kita lanjut lagi, kenapa Android itu kok cepet banget berkembang?, ternyata jawabannya Android itu bersifat Open Source yang source kodenya diberikan secara free untuk para pengembang – pengembangnya agar bisa menciptakan aplikasi yang bisa berjalan pada Android, itu sebabnya kenapa Aplikasi Android itu Buuuuuaaaanyaaak buanget.

Nah kalo agan pake smartphone berbasis Android pasti itu semua tidak terlepas dari Google, ya kan?, jangan bohong deh ( hehe ), Jadi Android itu produk hasutan Android Inc, tapi Google mengakuisi Android Inc, dan kekayaan yang ada pada Android Inc di ambil oleh Google Inc yang kemudian mengembangkan kembali system Android, dan untuk mengembangkan Android tersebut dibentuklah Open Handset Alliance, consortium dari 34 serikat telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.


Keunggulan

Dibanding dengan yang lainnya Android mempunyai banyak keunggulan yang membuat pemakainya nyaman, diantaranya adalah:

·         User Interface, Android menggunakan User Interface, yaitu Alat yang disediakan oleh Sistem Operasi (OS) sebagai sarana berinteraksi antara User dengan OS, Dimana user memberikan perintah kepada Sistem operasi, lalu Sistem Operasi menerima dan menampilkannya
·         Permofmance, Wih, gak diragukan lagi dong kalo Android itu rajanya cepat, kalo nggak percaya agan bisa check sendiri di youtube.
·         Free Modification, yang ini nih yang ane suka, kita bisa bebas berkreasi di Android salah satunya kita bisa membuat custom ROM/ aplikasi sendiri, kok gitu?, ya iyalah, kan Android bersifat Open Source, jadi kita bisa bebas ngubah tampilan sedimikan rupa, tapi itu bagi yang ngerti ya, yang masih beginner hati hati, ntar Bootlop.
·         Google, udah pasti tau kan Si Mbah Google, ya!, layanan yang cukup didominasi oleh Google membuat Android tetap aman loh, iya, karena Google sudah mengawasi pengguna, jadi aman dah dari Virus, nggak kayak Symbian, dikit – dikit virus. Selain itu Google juga memberikan keamanan berupa keamanan Google Sync, yaitu sebuah penyimpanan online dari Google yang akan memback up otomatis aplikasi – aplikasi kita, jadi dijamin aman deh, gak Cuma itu masih banyak layanan Google lainnya yang bikin kita merasa sangat aman.
·         Smartphone super canggih, Smarthone berbasis Android semuanya benggunakan layar sentu, tapi juga ada yang menggunakan slide keyboard maupun Qwerty, tapi masih bisa disentuh gan, nah tenang layar sentuh android itu Sensitif jadi anda tidak memerlukan banyak tenaga untuk mengeser geser jari anda ( gak kayak buatan cina), bahkan sekarang layarnya dilengkapi dengan Corning Gorilla glass, yaitu layar yang tipis dan sangat amat super kebal dengan benda tajam. Dan ada satu lagi nih gan yang perlu diingat, Android itu kan layar sentuh, dipikiran agan pasti kalo jatuh pasti hancur, ternyata Smarthone Android itu kuat banget (nyaris sebanding sama Esia).


Android Versi
Android semakin berkembang seiring melaju pesatnya jaman , terutama versi Android, sama seperti system operasi lainnya gan, Android berkembang sangat cepat, intip yuk:


Android 1.0 Beta

( 5 November 2007 ) merupakan first generations dari Android, system operasinya masih Beta, artinya masih dalam tahap perkembangan dan belum sepenuhnya selesai, selain itu Versi Software SDK ( Software Developer Kit ) beta juga dirilis tanggal 12 November 2007
·       
             Android 1.0 ( Astro )

(23 September 2008) Inilah First Generations commercial Android, dan yang pertama kali yang mencicipi versi ini adalah HTC Dream
·        
             Android 1.5 (Cupcake)

CupCake
 ( 30 April 2009 ) Basis Linux, UI dan kernel diperbarui 2.6.29. berjumlah fitur ditambahkan dalam OS ini Diantara adalah Widget yang dapat diperbesar.

·       

                   




                                                                  

                                        Android 1.6 (Donut)


Donut
        (15 September 2009) Terdapat peningkatan pada fitur pencarian dan UI yang lebih bersahabat, di versi ini layar WVGA sudah disupportkan.
·          
        










Android 2.0/2.1 (Eclair)

Eclair
(9 Desember 2009) Penambahan fitur yang dapat mengoptimalisasikan hardware di tambahkan pada fitur ini, disamping itu Ditingkatkan pula Google Maps,UI, browser HTML5. 
·        
            




                            
                            Android 2.2 (Frozen Yogurt (Froyo))

Froyo
(20 Mei 2010) Di OS  ini peningkatan buka tutup aplikasi menjadi lebih cepat, selain itu  SD card menjadi media penyimpanan aplikasi
          
Android 2.3 (Gingerbread)

Ginggerbread
(6 Desember 2010)Di versi ini Maksimalisasi Aplikasi dan game dilakukan, lalu NFC ( Near Field Communication ) mulai digunakan. Dan perbaikan layar WVGA juga sudah mulai diterapkan.
·          
Android 3.0 (Honeycomb)


(22 Februari 2011) Di versi inilah desain pertama untuk Tablet digunakan dan penikmat pertama kalinya adalah Motorola Xoom
·      
            Android 4.0 (Ice Cream Sandwich)

(19 Ocktober 2011) Inilah versi Android High End yang dijual cukup mahal, karena Tergolong High End, banyak para low end mengeluh perihal ini, tapi Samsung Galaxy Pocket (low-end) adalah penikmat pertama yang merasakan versi asli dari vendor ini. Fitur yang ditambahkah pada versi ini sangat luar biasa diantaranya Face Unclock dengan pengenalan wajah, kendali pemantauan jaringan data, kontak jaringan sosial, perangkat tambahan berbasis fotografi, mencari email lewat offline, serta berbagi informasi lewat NFC.
        


           Android 4.1 (Jelly bean)


Nah inilah yang paling baru, keunggulan fitur-fitur barunya mulai ditambahkan pada versi ini, yaitu yang paling terkenal saat ini adalah Google Now yang memberikan suatu gambaran informasi yang tepat dalam suatu tempat (jadi gak bisa nyasar lagi gan)

Oke itu saja, sedikit informasi tentang Android, di entri selanjutnya ane bakal kasih informasi tentang sejarah Android.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar