Sabtu, 27 Juli 2013

Ingin Produksi Smartphone, Ubuntu Lakukan Pencarian Dana







Canonical melakukan kampanye untuk mengumpulkan dana yang nantinya akan untuk mengembangkan smartphone Ubuntu Edge yang menggunakan sistem operasi (OS) Ubuntu.


Canonical sendiri sudah menyatakan membutuhkan total dana sekitar USD 32 juta (IDR 320 miliar) dalam waktu 31 hari untuk memproduksi Ubuntu Edge ke dalam produksi berjumlah terbatas. Diharapkan, Ubuntu Edge ini sudah dapat diluncurkan pada bulan Mei 2014 nanti

Kabarnya, Ubuntu Edge ini akan menggunakan prosesor khusus multi-core, RAM 4GB dan penyimpanan internal 128GB. Di samping itu, smartphone ini disebutkan nantinya dapat melakukan dual-boot terhadap dua OS sekaligus yaitu Ubuntu dan Android seperti yang sudah dilakukan pada beberapa jenis komputer PC saat ini.

Di samping itu, Ubuntu Edge akan menggunakan layar HD Display berukuran 4,5 inci beresolusi 1280x720 dengan perlindungan dari Sapphire Glass, kamera belakang 8 megapiksel, dan kamera depan 2 megapiksel.
Ubuntu Edge juga diharapkan dapat menggunakan konektifitas LTE, Wi-Fi, Bluetooth 4.0, MHL, NFC, dan fitur smartphone standar lain seperti GPS, kompas, dan soket headphone.

Tingginya Target yang dicanangkan oleh Ubuntu ini sedikit membuat pesimis banyak pihak. Sebab, belum ada satu pun perusahaan yang dapat mengumpulkan dana sebanyak itu hanya dalam waktu satu bulan.

Terkait dengan hal ini, pendiri Canonical, Mark Shuttleworth menyatakan perusahaannya tidak mencoba untuk masuk ke dalam bisnis telepon. Tetapi, dengan keinginan untuk memproduksi Ubuntu Edge bisa saja akan membuat langkah maju bagi Ubuntu.


























Tidak ada komentar:

Posting Komentar