Derajat/maqom iman ada 14 tingkat
Tafakkur~>
Bismillahirrohmaanirrohiim...
Derajat/maqom iman ada 14 tingkat
1. Iman iqror,
2. iman tashdiq/taqlid,
3. iman tashdiq iqror,
4. iman yaqin,
5. iman 'ainul yaqin,
6. iman haqqul yaqin,
7. iman tauhid,
8. iman ma'rifah,
9. iman ghoib,
10. iman ghoibul ghoib,
11. iman baqo',
12. iman baqo' ul baqo',
13. iman kamil,
14. iman kamil mukamil,wallohu a'lam
1. IMAN IQROR~>yaitu hanya sebuah pengakuan,mengaku iman kepada ALLOH tapi tidak mengetahui sebenarnya ALLOH,mengaku iman kepada malaikat,tapi tidak mengetahui sebenarnya malaikat,mengaku iman kepada rosul tapi tidak mengetahui sebenarnya rosul,mengaku iman kepada kitab,tetapi tidak mengetahui sebenarnya kitab,mengaku iman kepada hari kiamat,tetapi tidak mengetahui sebenarnya kiamat,mengaku iman kepada qodho' dan qodar,tetapi tidak mengetahui sebenarnya qodho dan qodar,hanya ucapan saja,ucapannya juga AMANTU BILLAHI WAL MALAIKATIHI,WA KUTUBIHI,WA RUSULIHI, WAL YAUMIL AKHIRI WABIL QODARI KHOIRIHI WASYARRIHI MINALLOH,hanya itu saja,supaya dia tidak dibunuh dan hukumnya sudah beriman.jadi hanya iman secara hukum.
2. IMAN TASHDIQ/taqlid~>yaitu iman karena patuh dan membenarkan ajaran sang guru atau ajaran 'ulama tetapi tidak memiliki pengertian caranya iman,hanya patuh wejangan guru
3. IMAN TASHDIQ IQROR~>yaitu berucap bahwa ia beriman,dan mematuhi ajaran guru dan mematuhi ajaran 'ulama' dgn mengerjakan syare'at dan bersandar pada ALLOH ta'ala,dan merasa menjadi hamba ALLOH ta'ala,hanya begitu saja,itu juga belum mengerti yg diimankan,dan belum mengerti yg bernama iman.,wallohu a'lam
4. IMAN YAQIN~>yaitu percaya adanya ALLOH,(pengertian yg berasal dari kitab) dengan nyata,mengetahui kekuasaan ALLOH,dan kehendak ALLOH,dan apa yg terjadi semua adalah ciptaan ALLOH,dan dia merasa sebagai hamba ALLOH yg harus menjalankan semua perintahNYA,dan menjauhi segala laranganNYA dan percaya dgn yakin apabila meninggalkan perintah dan melakukan larangan,maka akan mendapat kemurkaan dan siksa,yaitu siksa neraka.
5. IMAN 'AINUL YAQIN~>yaitu percaya dan mengetahui bahwa seluruh alam seisinya hanyalah milik ALLOH dan percaya bahwa wujudnya seluruh alam seisinya dan apapun yg terjadi pada alam adalah kehendak ALLOH semata,yakin seyakin yakinnya tanpa ada keraguan sedikitpun.maqom iman yg lima macam inilah yg diduduki oleh ahli syare'at,wallohu a'lam bishshowwab
6. IMAN HAQQUL YAQIN~>yaitu mengetahui bahwa sesungguhnya ALLOH SWT memiliki sifat 20,mengetahui sifat jaizNya,dan mengetahui bahwa seluruh makhluk itu ibarat mayat yg dimandikan, didandani, dikubur dikuasakan, dikayakan, dimiskinkan ,dijalankan,ditidurkan,dan di..di..di lainnya dan inilah iman orang orang ahli thoriqoh,wallohu a'lam
7. IMAN TAUHID~>yaitu mengetahui,percaya dan yakin,bahwa ALLOH SWT menjadi ALAM SEISINYA,tidak ada alam,tidak ada isinya, tidak ada jasad,tidak ada hidup,tidak ada wujud,tidak ada warna,tidak ada nama,tidak ada perbuatan,hanya tinggal ALLOH SWT yg ada,dan tidak ada dua tinggal satu dan itu yg dinamakan iman tauhid artinya itulah iman para ahli tauhid,wallohu a'lam
8. IMAN MA'RIFAT~>yaitu mengetahui dan percaya dengan sebenar benarnya ALLOH,sebenar benarnya alam seisinya,yaitu sudah mengetahui ma'na lafadz BISMILLAH,dan mengetahui ma'na satu persatu dari huruf dalam lafadz BISMILLAH,mengetahui sebenarnya ALLOH,mengetahui sebenarnya ALAM,mengetahui sebenarnya dzat,mengetahui sebenarnya sifat,mengetahui sebenarnya ASMA',mengetahui sebenarnya AF'AL,mengetahui sebenarnya Tuhan,mengetahui sebenarnya hamba,mengetahui sebenarnya yg menyembah,mengetahui sebenarnya yg disembah,mengetahui sebenarnya hidup,mengetahui terjadinya hidup,mengetahui tempatnya hidup,mengetahui datangnya hidup,mengetahui perginya hidup,mengetahui asalmulanya jasad,mengetahui pekerjaan jasad,mengetahui terjadinya jasad,mengetahui tempatnya jasad,mengetahui datangnya jasad,mengetahui perginya jasad,dst dgn percaya dhohir batin,itulah IMAN MA'RIFAT,yaitu imannya ahli ma'rifat artinya imannya para nabi,para 'arifin,para wali,dan para mu'min haq,wallohu a'lam..
9. IMAN GHOIB,yaitu iman orang2 yg telah mengetahui terhadap gho ib,yaitu orang2 yg mengetahui sebenarnya ALLOH,artinya mengetahui ketika ALLOH masih gho ib,ALLOH ketika belum lahir,yaitu masih dialamnya ALLOH,masih dialam AHADIYAH,masih dzat jati,sejatinya dzat belum ada sifat wujud,masih wujud mahdli artinya masih wujud yg sebenarnya,masih wujuda mutlak dan ithlak,artinya masih wujud sendiri,tanpa ada yg mewujudkan,masih hidup sendiri tanpa ada yg menghidupkan,masih berdiri sendiri tanpa ada yg mendirikan,awal tanpa awalan,akhir tanpa akhiran,yaitu wujud terang benderang tanpa ada bandingannya tanpa ada awalnya dan tanpa ada akhirnya,Agung,mulia tanpa bandingannya,tanpa ada yg menyamai,dan yaitu harus diketahui supaya bisa iman ghoib,karena sesungguhnya,tidak akan bisa iman ghoib lalu tidak bisa YUQIMUNASHSHOLATA
10. IMAN GHOIBU GHOIB,artinya percaya dengan gho ibnya ghoib dan mengetahui gho ibnya ghoib,sedang yg dinamakan ghoibu ghoib adalah dzat sejati,sejatinya dzat,yaitu orang2 yg menempati dzatulloh,artinya orang yg mengetahui ka'batulloh yaitu orang2 sudah bisa menghadap qiblatulloh,dan sudah bertempat ditengah2 padang tarwiyah,yg menempati tempat yg luas lebih luas,sudah tidak ada hijab samasekali sudah bertempat dimasjid suci selamannya,yg dinamakan masjid samar/kuwatir,wallohu a'lam
11. IMAN BAQO'artinya iman yg tetap siangmalam,pagi sore,berjalan,tidur,tetap iman,tetap percaya semua tingkah lakunya hanya milik ALLOH,tetap ingat dan mengetahui dan tidak pernah berpisah dgn ALLOH sama sekali,,wallohu a'lam,
12. IMAN BAQO'UL BAQO',artinya tetap lebih tetap yaitu iman yg tanpa pegat/cerai selamanya,pagi iman,sore iman,malam iman siang iman,susah iman,senang iman,berhenti iman,bergerak iman,diam iman ,dia tetap didzatulloh tidak pernah keluar dari dzatulloh,dan tidak pernah keluar dari Bumi ALLOH sama sekali,wallohu a'lam
13. IMAN KAMIL,artinya sempurnanya iman,jadi sudah sempurna SYAHADATnya artinya sudah sempurna mengetahuinya terhadap sebenarnya dan sebenarnya muhammad dan sempurna mengetahuinya terhadap sebenar hidup,dan sebenarnya jasad,dan sempurna takbirnya,artinya sudah sempurna manunggalnya ALLOH dan AKBAR,yaitu sudah sempurna manunggalnya hidup dan jasad,dan sempurna sholatnya,artinya sudah sempurna manunggaling gusti lan kawulo,kawulo lan gusti,sudah manunggal menjadi tunggal hilang kawulo tinggal gusti,dan sempurna zakatnya,artinya sudah sempurna bersihnya dan bersih sempurna,artinya sudah tidak ada 'alam seisinya kecuali hanya ALLOH semata yg ada,dan sempurna HAJInya,artinya sudah sempurna semua,sudah ada dalam ka'batulloh,tidak ada yg keluar sama sekali,,'alam seisinya,jasad dan hidupnya sudah didalam ka'batulloh semua,tidak ada yg ketinggalan,
14. IMAN KAMIL MUKAMMIL,artinya sempurnanya sempurna,yaitu sudah tiada lagi wujud,tiada lagi rupa,tiada lagi nama,tiada lagi perbuatan,tiada lagi angan angan,tiada lagi tahu,tiada lagi mengerti, tiada lagi kuwasa,tiada lagi kehendak,tiada lagi gerak,tiada lagi tingkah,tiada lagi 'alam seisinya kecuali hanya ALLOH semata,singkatnya LAA MAUJUDA ILLALLOHU LAA HAYYA ILLALLOHU WA LAA 'ILMA ILLALLOHU WA LAA HAULA WALAA QUWWATA ILLA BILLAHIL'ALIYYIL'ADHIIM,selesa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar